English | Indonesian

Rencana KAI Caplok INKA Muncul Lagi, Begini Kajiannya?

Jakarta – Menyusul rencana Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk melakukan akuisisi PT INKA oleh PT KAI yang antara lain ditanggapi anggota Komisi VI DPR-RI Mufti Anam yang meminta agar rencana akuisisi PT PT INKA ke PT KAI dikaji ulang, sejumlah pihak meminta agar rencana merger tidak dilaksanakan.

Salah satu yang menolak antara lain pengamat kebijakan publik Agus Pambagyo yang meminta agar pemerintah melakukan kajian terdahulu.

“Lakukan studi yang cermat dan laksanakan kajian secara mendalam. Tapi untuk studinyan ya pilih lembaga yang kompeten,” kata Agus Pambagyo.

Dia menegaskan bahwa dirinya tidak setuju atas rencana Menneg BUMN me-merger PT KAI dengan PT INKA.

“Bisa hancur dua duanya,sekarang PT KAI yang jaman pak Jonan, bagus sekarang merosot lagi kinerjanya bahkan kembang kempis lagi karena disuruh ngurus yang lain-lain yang tidak ada urusannya dengan PT KAI. Sekarang kan PT KAI disuruh ngurus LRT, ngurus KCIC, hingga kondisinya sekarang turun lagi.

Menurut Agus, pemerintahan sekarang memang rajin melakukan merger perusahaan negara yang pada akhirnya kinerjanya juga masih belum teruji. Dulu antara lain bikin holding pertambangan, migas dan BUMN Farmasi di mana langkah ini nampaknya di periode pemerintah meniru perusahaan Singapura Temasek dan Khasanah Malaysia yang tentu kondisi dan situasinya berbeda.

“Saya melihat dalam melakukan holdingisasi dan merger ini, pemerintah kurang melalui studi dan kajian yang mendalam,” papar dia.

Masih kata Agus, dirinya mendengar yang melakukan kajian dan studi terkait merger perusahaan BUMN ini adalah Bahana dan Danareksa Securitas yang notabene mereka adalah perusahaan keuangan.

Laiknya, kata dia sebelum melakukan kajian,carilah atau tunjuk lembaga studi yang betul-betul bagus dan memiliki kapabilitas yang teruji, sehingga lembaga tersebut bisa melakukan kajian yang visibel sesuai tuntutan .

“Sekarang kinerja PT INKA lagi moncer karena pemasarannya pak Budi Noviantoro itu bagus, di satu pihak PT KAI lagi turun,jadi kalau dimerger pasti hancur dua duanya. Maka itu saya gak setuju,” tegas dia.

Terpisah pengamat transportasi dari MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) Djoko Setiowarno mengatakan, PT INKA, saat ini sedang mengalami perkembangan yang cukup bagus.

“Inovasi dan kreatifitas pengembangan usahanya sudah mulai menampakkan hasilnya. Diberi kepercayaan negara lain untuk memproduksi kereta dan loko,” paparnya.

Hasil sinergi dengan beberapa BUMN, dapat kepercayaan untuk membangun jaringan kereta beserta sarananya yang menghubungkan beberapa negara di Afrika.

Inovasi produksi bus listrik juga dapat dimanfaatkan oleh Ditjenhubdat, Kemenhub dalam mengembangkan program transportasi umum di daerah dengan skema Buy the Service.

Sikap tidak setuju juga dikemukakan Pengamat Transportasi dan mantan wartawan transportasi MS Hendrowijono.

“Mungkin tujuannya benar tetapi menurut saya tidak tepat. Masak manufacture digabung dengan operator,” kata Hendrowijono.

Karena itu pula, Hendrowijono yang semasa jadi wartawan banyak meliput perkeretaapian Indonesia mengaku dirinya setuju dengan pernyataan anggota Komisi VI DPR-RI Mufti Anam yang meminta agar rencana akuisisi PT PT INKA ke PT KAI dikaji ulang.

“Oh ya, saya setuju pernyataan pak Anam sebagai Anggota DPR RI Komisi VI, yang meminta agar rencana akusisi INKA ke KAI dikaji ulang,” tandasnya.

 

Sumber : //finance.detik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest News

Artha Sekuritas: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Jakarta – IHSG ditutup di level 5,039.14 (+0.70%),…

Read More

Pastikan Vaksin Aman, Tim BPOM Pantau Langsung Produksi di China

Jakarta – Pemerintah melakukan percepatan tahapan uji klinis…

Read More

Rencana KAI Caplok INKA Muncul Lagi, Begini Kajiannya?

Jakarta – Menyusul rencana Menteri Badan Usaha Milik…

Read More

Pertamina Targetkan 10 GW Pembangkit Energi Bersih pada 2026

Jakarta – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina…

Read More

Dirut Petrokimia Gresik Raih Top Leader On Digital Implementation

Jakarta – Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo…

Read More
Chat Admin